Lihat,Dengar dan Rasakan

Wednesday, March 11, 2009

Lihat, Dengar dan Rasakan


Haduh?!,,itu adalah kata yang pertama yang terlintas diperpustakaan pikiran gw ketika berhadapan ruang virtual yang bernama blog ini.

“Mau nulis apa, gak biasa banget menuangkan pikiran lewat sebuah tulisan nih”, itu adalah seutas kalimat pertama yang tersembul dari benak pikiran sehabis berkata haduh.

“Ya Tuhan, apa ya gw pengen gw tulis, susah bener dag, kaya ujian uas kuliah gw, harus mikir masak-masak dulu”. Mungkin Dia yang memiliki kuasa atas dunia ini akan menjawab, “Tulislah apa yang kau lihat, dengar dan rasakan dalam hidup ini”. Seketika hati gw tertawa ketika berpikir seperti itu, tertawa karena senang mengetahui Tuhan selalu ada di sisi mu baik dikala sendirian atau ramai-ramai. Tapi sisi lain diri gw berpikir bahwa tidak pantas untuk berpikir dalam posisi Nya,,haha,,

Yak, ketika berpikir kata “Lihat, Dengar dan Rasakan”, yang terlintas hanya sebuah kalimat Lihatlah dengan akal, Dengarlah dengan hati dan Rasakan dengan perasaan. Ketiga kata ini merupakan kata yang menjadi pijakan gw ketika menikmati berbagai fenomena-fenomena yang hadir dalam hidup ini. Pembelajaran menjadi kata wajib ketika mengingat ketiga kalimat tersebut. Ketiga kata tersebut menjadi sebuah proses belajar untuk menikmati dan menhadapi dunia ini.

Lihat lah dunia ini tidak dengan nafsu yang membutakan mata kita akan hal-hal kecil yang sebetulnya dapat membuat kita merasakan “happiness”. Ketika gw berusaha melakukan ini, bukan hal yang mudah, karena nafsu sangat amat susah dikendalikan, misalnya kaya nasib yang gw alamin kemarin hari. Ketika gw niat dateng ke kampus untuk ketemu pembimbing dan membeli dvd film yang sudah sangat gw nanti-nantikan kehadiran. Namun semua tujuan gw datang ke kampus hancur lebur karena dvd yang gw tunggu itu belum hadir di rak dvd abang dvdnya dan pembimbing gw yang cukup sibuk. Seketika gw berpikir, “wah sial amat ni hari, ngampus gak dapet dvd sama gak jadi ketemu pembimbing dan ujan lagi”. Padahal, setelah gw berpikir lagi menggunakan akal sehat gw, di hari itu gw juga tertawa-tawa konyol,hahaha,,bukan lah hari yang bisa dibilang buruk tapi hari yang menyenangkan juga. ^.^

Dengarlan dunia ini dengan hati, tidak dengan emosi. Suara-suara yang ada di dunia ini seringkali tidak terdengar seperti yang kita harapkan, misalkan seperti suara yang ngecengin(bahasanya street abis,Indonesia yang baik dan benar apa yah, ngatain,nah iya), suara yang mengomongkan orang lain atau suara yang bisa membuat patah arang. Suara-suara ini terkadang membuat emosi kita seperti alat pengukur jantung (naik turun). Hasilnya tentu bisa diperkirakan, marah, down, kesal dan sebagainya. Telaah lebih baik suara tersebut dengan hati, terkadang suara-suara negatif itu tidak seperti yang dibayangkan. Misalnya kayak ada sahabat gw yang menamakan gw dengan sebutan Babi a.k.a Piggy a.ka Patkai (hahahahahaha, damn guys, lucu bener pada ngasih nama gw ^.^). Pertama awal sekali emang kliatannya negatif dan gak enak didenger, kesannya gimana gitu,,bikin emosi,, tapi setelah gw dengarkan dengan hati,,tidak begitu seperti gw pikirkan, babi itu hanya sebuah suara yang terbentuk dalam kata, yang dimana dalam kata tersebut ada makna lain dalam hubungan antar manusia. Piggy itu adalah sebutan biar makin akrab kali, dan babi itu klo dipikir2 lucu juga. Hahahahaha, sial pada

Dan yang terakhir, Rasakan. Sampai sekarang ketika gw ditanya, emang apa yang lo rasain?,,gw masih belajar akan kata ini, merasakan bagi gw sangat amat susah, walaupun terasa tetapi gw sering tidak paham dengan perasaan itu. Bingung untuk mendeskripsikannya, mungkin karena perasaan gw yang sangat amat-amat tumpul dan gw akuin hal itu. Temen gw pernah bilang ke gw, “tumpul banget sih perasaan lo, gak peka”, emang perasaan gw pensil, bisa di raut,hahaha,XD, tumpul dan gak peka sih emang diasah dari pengalaman hidup dari kecil, sehingga gw baru berusaha memahami skarang ini. Hal ini penting menurut gw, karena ketika bisa merasakan, kita bisa menghargai sepenuhnya manusia lain. Abstrak,,gw aja gak ngerti,,

But the way anyway, ketiga kata ini menjadi pegangan gw ketika melihat kehidupan, dan ketiga kata ini pula yang menyertai nama blog gw (Put, nama blog nya keren juga klo gw pikir-pikir,,ahhaha,,sial lo put).

Dan salam kenal pada ruang virtual ini.




*yang nulis langsung kabur ke dapur begitu dengar ada es kelapa di kulkas,,hore!*

1 comment:

  1. firs of all, saya ucapkan selamat buat bapak arga atas kelahiran blognya, Pig On The Blog bin Arga Nugraha,
    smoga blognya diterima di sisi mbah gugel..

    Kedua,
    blogwalking ga, blogwalking :D

    ReplyDelete