Lihat,Dengar dan Rasakan

Friday, May 8, 2009

Selamat Jalan Pak Tua


Saat sholat jumat di mesjid dekat rumah tadi siang, gw menemukan bahwa ada tetangga rumah yang meninggal. Kebetulan saat itu gw duduk bersebelahan dengan sepupu jauh gw ntu. gw pun nanya ke dia,


A: “Gate, emang sapa yang meninggal?, rame bener ampe ada 2 truk TNI AL yang nongkrong nutupin jalan kompleks?

G: Parah lo,,masa gak tau klo pak S meninggal kemaren malem

A: yah, pak s meninggal, mesjid jadi berkurang d jamaah taatnya satu


Kemudian gw dan sepupu gw yang rumahnya berdekatan dengan rumah gw melanjutkan mendengarkan ceramah Jumat. Lalu dilanjutkan dengan solat Jumat. Setelah itu dilanjutkan dengan solat jenazah. Saat solat jenazah itulah gw terbayang kilasan-kilasan momen dengan pak s ketika kecil


Sewaktu kecil, sebagaimana layaknya anak kecil sekarang. Mesjid layaknya taman bermain. Kegiatan abis ngaji sore dan menunggu solat magrib diisi dengan kegiatan lari-larian di dalam mesjid bersama sepupu dan adek gw. Seinget gw dulu, gw merasa mesjid deket rumah tuh luas banget dalamnya, kayak bisa buat maen bola deh. Ditambah dengan karpet mesjid yang warnanya hijau muda daun. Semakin berasa kalau ruangan didalam mesjid adalah lapangan indoor untuk bermain. Selain bermain lari-larian, ruangan yang biasanya dipakai solat itu, kita biasanya juga main berantem-beranteman, main tamiya didalam mesjid. Tentunya kegiatan bermain tersebut tidak semulus yang dibayangkan. Ada pak S yang senantiasa memarahi kami begitu dia melihat kami bertiga bermain sesuka hati didalam mesjid.


Dengan tampang sangarnya, dengan tongkat saktinya yang selalu dibawa kemanapun berjalan, ia kemudian berteriak dengan menggelegar. JANGAN MAIN DISINI, DILUAR SANA, DISINI BUAT SHALAT!!. Seketika kami langsung kabur. Suasana dimarahin tersebut menjadi bumbu yang setiap sore didengar ketika bermain di Masjid. Kadang ketika mau solat magrib,trus masih bercanda di luar, kami bertiga pun dijewer satu persatu. Pokoknya pak s itu dahsat klo sudah memarahi kami. Suara yang menggelegar dan tampang yang sangar menjadi ciri-ciri dari pak S yang kami ingat.


Kami bertiga sering menyebut jurus marahnya dengan jurus blackhole. Karena ketika dimarahi, sekejap berasa kesenangan, keriaan dan tawa terhisap oleh suara marahnya. Tapi disatu sisi, pak s merupakan orang yang cukup dihormati dalam lingkungan rumah. Dia menjadi fans setia Masjid lingkungan sini. Dari subuh sampai isya, kehadirannya selalu ada didalam Masjid. Ibarat absen, absennya full, jarang madol. Kecuali klo dia sakit.

Dan kini, semuanya tinggal kenangan. Gw kembali ke realitas dengan posisi sedang mengikuti salat jenazah. Kini pak tua itu sudah memulai kehidupan barunya dialam lain. Semoga dirinya diterima disisi Yang Maha Kuasa. Amin


Setelah itu, gw kembali diingatkan dengan 3 hikmah dari kejadian tersebut

1. Kematian itu tidak diketahui kapan akan terjadi

2. Karena kematian itu tidak diketahui, sebaiknya gw selalu mempersiapkan amal ibadah untuk menjaga-jaga tabungan pahala ketika masa kematian itu tiba.

3. Yah pak, masa udah meninggal duluan, ajian blackholenya belum gw serap secara sempurna. Banyak bocah-bocah piyik yang makin gak tau aturan pas mau solat nih. T.T


Akhir kata, selamat jalan Pak Tua, semoga amal ibadahmu diterima disisi-Nya

No comments:

Post a Comment