Lihat,Dengar dan Rasakan

Saturday, November 26, 2011

Welcome to Kota Tatas

Kota Tatas merupakan nama lain dari Banjarmasin, ini merupakan salah satu dari sekian perjalanan dinas dari Kantor. Berangkat jam 4 pagi untuk mengejar Garuda jam 6 ke Banjarmasin adalah pekerjaan berat buat gue. Bayangkan kalo lo harus bangun pagi jam 3,mandi dingin-dingin, trus berangkat pagi buta dan ngejer subuh di Bandara. Itu capek,lain kali klo pesen tiket jangan yang pagi-pagi lagi deh.

Jam 8 pagi waktu WIB merupakan Jam 9 Pagi waktu WITA di Banjarmasin dan itu adalah waktu gw nyampe di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin. Sebuah bandara kecil yang kalo mau ke pesawatnya harus dianter memakai bus transfer. Di Bandara itu gw juga baru sadar klo gw satu pesawat sama Bang Rhoma Irama,astagaa!!!

yak,cuman ngeliatin trus diem aja,padahal pengen minta tanda tangan.Haah..

Keluar dari bandara, satu-satunya kendaraan umum untuk ke pusat kota Banjarmasin adalah taksi dan itu adalah taksi bandara tanpa merek. Beli tiketnya di counter,menyebutkan tujuan mau kemana dan abang-abang counter langsung menyebutkan harga. Jadi kita gak usah bayar ke tukang taksinya tapi langsung bayar si abang2 counter. Biasanya sih harga ke pusat kota,dihargain 75ribu-100rb. Sialnya,kalau sudah melewati jam 9 malam,taksi-taksi ini akan digantikan oleh mobil-mobil anteran liar. sistemnya seperti travel,dianterin trus duduknya gabung sama penumpang2 pesawat yang mendarat malem. Harganya juga dikasih 100rb langsung untuk kemana aja.

Karena tujuannya dateng adalah kerja, jadi dari 6 hari di Banjarmasin,praktis hanya 1 hari bebas yang bisa digunakan untuk keliling-keliling. Suasana Banjarmasin hampir mirip dengan Depok klo gw rasa,bedanya disini super panas,masih ada becak dan bajai dipusat kotanya. Karena sebagian besar daerahnya dilewati sungai-sungai besar, jadi jangan heran kalo melihat rawa-rawa,rumah panggung atau kali besar yang ada di balik hingar bingar modern kota ini. Satu-satunya mal yang paling besar disini adalah Duta Mall, 11 - 12 dengan Margo City.

Kalo ke kota ini,wajib kudu ke Pasar Terapung. Berangkat jam setengah 5 atau jam 5 merupakan kewajiban untuk menikmati keadaan pasar terapung ini. Gw menyewa kapal seharga 200rb bersama temen-temen. Tempat buat nyewa kapal biasanya ada banyak di depan kantor Gubernur Banjarmasin.




Di Pasar Terapung ini, sistem jual belinya menggunakan Barter. Jadi kalau ingin membeli durian, bisa dituker dengan 2 semangka misalnya. Sambil menikmati suasana Sunrise



Wajib harus membeli ketupat kandangan di atas kapal. Sensasinya beda, Kuah ketupatnya lebih segar, udaranya juga dingin, pemandangan yang ditawarkan juga mantap. Saat waktu menunjukan jam 7an,itu tandanya harus pulang,karena pasar terapung juga sudah mulai sepi,suasananya juga mulai terik. Menyusuri rumah-rumah panggung, melalui kolong-kolong jembatan (kalau dibayangkan seperti di Thailand) memberikan sense petualangan yang berbeda.

Setelah kembali di depan kantor Gubernur, saatnya berburu Mangga Kasturi. Mangga Kasturi merupakan mangga khas Banjarmasin. Bentuknya kecil sebesar Ubi tapi manis sekali rasanya dan membeli mangga ini harus pinter-pinter nawar terutama kalau membelinya di pasar-pasar Banjarmasin. Kalau sial bisa dihargai 1000 rupiah per 1 mangga. Kalau untung, 20rb rupiah bisa mendapat 1 kantong yang isinya mencapai 30 buah. Bentuk ini mangga seperti ini:



Saat matahari sudah mencapai atas kepala, itu berarti waktunya untuk makan siang di Soto Bang Amat. Soto Bang Amat wajib dinikmati kalau ke Banjarmasin. Enak,Tempatnya bagus,Tepi sungan Pengambangan dan biasanya ditemani musik klenting saat makan. Harganya juga murah, sangat direkomendasikan kesini.




Setelah makan, saatnya membeli oleh-oleh untuk di Jakarta. Biasanya kalau dari Banjarmasin, oleh-oleh yang bisa dibawa adalah madu, kerupuk ikan dan tentunya adalah Amplang. Amplang pasti gue beli, karena enak dan jadi temen yang pas kalau makan nasi.haha

Setelah beli oleh-oleh,jika badan pegel atau lelah sehabis berjalan-jalan seharian. Sempatkan diri untuk dipijat tradisional di Djari-djari. dengan 75rb rupiah, dapet pangket lengkap, pijat dari atas sampe bawah,pijat,diinjak, dilipat-lipat yang begitulah yang gw rasain pada dipijat disitu.

1 hari sudah terpenuhi, waktunya untuk siap-siap berbenah dan kembali pulang besok hari ke Jakarta.

No comments:

Post a Comment